Tahukah kamu bahasa Perancis tidak hanya digunakan di negara Perancis saja? Bahasa Perancis banyak digunakan di negara – negara lain yang ada di dunia sebagai bahasa resmi. Mau tahu negara mana saja yang menggunakan bahasa Perancis? Yuk kita simak berikut ini.

Baca Juga: Tips Memilih Jasa Interior

Inilah 29 Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis Lengkap

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada 29 negara yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi. Negara – negara tersebut yaitu Perancis:

Belgia, Swiss, Seychelles, Kanada, Republik Afrika Tengah, Chad, Komoro, Republik Demokratik Kongo, Djibouti, Guinea Ekuatorial, Gabon, Guinea, Haiti, Pantai Gading, Luksemburg, Madagaskar, Mali, Monako, Niger, Republik Kongo, Rwanda, Senegal, Benin, Burkina Faso, Burundi, Kamerun, Togo, dan Vanuatu.

Bahasa Perancis dituturkan oleh sebagian besar populasi dari sekitar 60 negara lho. Wow ternyata banyak juga ya negara yang menggunakan banyak Perancis… Nah, mari kita lihat negara – negara yang menggunakan bahasa Perancis sesuai dengan benuanya.

Daftar Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis di Eropa

Selain negara Perancis, negara – negara di Eropa yang menggunakan bahasa Perancis diantaranya Luksemburg, Belgia, Monako, dan Swiss. Negara – negara ini menjadikan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi.

Beberapa negara seperti Luksemburg dan Swiss, memiliki lebih dari satu bahasa resmi. Di Luksemburg, bahasa yang digunakan yaitu bahasa Luksemburg, Jerman, dan Perancis. Sementara di Swiss, bahasa yang digunakan yaitu Jerman, Prancis, Italia, dan Romansch.

Daftar Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis di Amerika dan Karibia

Negara – negara di Amerika dan Karibia yang menggunakan bahasa Perancis diantaranya Kanada, Guyana Prancis, Guadeloupe, Martinik, dan Haiti. Guyana Prancis, Guadeloupe, dan Martinik semuanya mengakui bahasa Prancis sebagai bahasa resmi mereka.

Daftar Negara yang Menggunakan bahasa Perancis di Afrika

Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Semenjak bangsa barat datang ke Afrika, maka wilayah Afrika terbagi menjadi beberapa kekuasaan. Salah satu negara Eropa yang pernah menjajah Afrika adalah Perancis.

Tentu saja Perancis meninggalkan jejaknya dalam banyak hal, termasuk bahasa. Bahasa Perancis digunakan secara luas, meskipun mungkin tidak diakui sebagai bahasa resmi di beberapa negara Afrika.

Negara – negara di Afrika yang menggunakan bahasa Perancis diantaranya Republik Afrika Tengah, Chad, Komoro, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Pantai Gading, Aljazair, Benin, Burkina Faso, Burundi, Kamerun, Djibouti, Guinea Ekuatorial, Gabon, Guinea, Madagaskar , Mali, Mauritius, Maroko, Niger, Reuni, Rwanda, Senegal, Seychelles, Togo, dan Tunisia.

Walaupun bahasa Perancis digunakan secara meluas di negara – negara Afrika, tetapi bahasa asli masih digunakan oleh sebagian besar penduduk di Afrika bersama bahasa lain seperti bahasa Inggris dan bahasa Belanda.

Daftar Negara – Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis di Pasifik

Negara di Pasifik yang menggunakan bahasa Perancis diantaranya Vanuatu, Polinesia Prancis, dan Kaledonia Baru. Vanuatu adalah republik yang berdaulat yang menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa resmi bersama dengan bahasa Inggris dan Bislama.

Polinesia Perancis termasuk tujuan wisata populer Tahiti dan dianggap sebagai wilayah luar negeri Perancis, sehingga mengakui Prancis sebagai bahasa resmi. Kaledonia Baru juga merupakan wilayah luar negeri Perancis dengan bahasa Perancis sebagai bahasa resminya.

Nah, itu tadi daftar negara – negara yang menggunakan bahasa Perancis. Dengan adanya banyak tempat yang berbahasa Perancis, apakah kamu tertarik mempelajari bahasa Perancis? Jika iya, kamu akan mendapatkan banyak manfaat saat mempelajari bahasa Perancis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *