Bagi semua jenis iklan baik itu online atau offline, apakah salah satu komponen yang sangat penting dibuat agar pesan yang disampaikan mudah dimengerti? Iklan online atau offline tentu akan dibuat semenarik mungkin, baik itu gambar grafis atau tulisannya.

Tulisan yang mengandung pesan dipengaruhi oleh jenis font yang digunakan. Artinya font secara keseluruhan sangat penting untuk tipografi. Memiliki font yang tepat dan dapat enak dibaca akan membuat para pembaca tertarik untuk melihat. Biarkan para konsumen tertarik dan akhirnya mengerti isi pesan dalam iklan yang disampaikan.

Baca Juga: 7 Aplikasi belajar Bahasa Jerman

Ada dua hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih font, pertama adalah mudah dibaca dan kedua memiliki kontras yang tinggi. Beberapa jenis font standar biasanya adalah Arial, Verdana, Helvetica. Namun memilih beberapa font yang berbeda juga akan memberikan tampilan iklan menjadi lebih menarik lagi.

Kontras juga perlu diperhatikan, jika Anda menggunakan background warna gelap pastikan font menggunakan warna yang terang sehingga terlihat. Begitu pentingnya jenis font yang digunakan tidak boleh dianggap remeh. Salah memilih artinya membuat tampilan iklan tidak menarik untuk dibaca konsumen.

Cara Download Font dan Menginstalnya ke Dalam Komputer

Ada begitu banyak jenis font, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Namun font yang dimiliki dari software grafis biasanya hanyalah secara umum saja. Font standar seringkali tidak memenuhi daya kreativitas yang ingin diciptakan. Oleh karena itu dibutuhkan font yang diambil dari sumber lainnya.

Ada banyak sumber yang menyediakan berbagai macam font jika Anda mau mencarinya di internet. Beberapa jenis font bisa didapatkan dengan membayar namun ada pula yang gratis. Manakah yang ingin Anda gunakan tergantung dengan jenis font yang ingin didapatkan.

Langkah-langkah untuk mendapatkan font ini harus download terlebih dahulu melalui sumber yang telah Anda pilih. Kemudian setelah di download harus dilanjutkan dengan di instal sebelum bisa digunakan. Berikut ini cara download font sebelum Anda bisa menginstalnya.

  • Menemukan sumber fonts

Carilah sumber di internet yang menyediakan font untuk digunakan. Ada banyak sekali penyedia baik gratis dan berbayar. Sebaiknya cobalah untuk menggunakan yang gratis terlebih dahulu. Nah untuk mendapatkan situs penyedia, cobalah untuk masuk ke Google search kemudian ketikan 1001 fonts. Disana Anda akan menemukan banyak sekali situs yang menyediakan berbagai macam fonts.

  • Memilih situs fonts

Langkah kedua yang bisa dilakukan adalah membandingkan situs mana saja yang bisa digunakan. Jangan lupa lihat terlebih dahulu apakah situs tersebut memiliki jenis fonts yang diinginkan. Ada lebih dari 1000 fonts yang ditawarkan dalam berbagai situs tersebut, baik yang free atau berbayar.

  • Mendownload font yang diinginkan

Langkah selanjutnya adalah mendownload. Rata-rata tampilan dari semua situs penyedia font ini hampir sama. Anda akan melihat contoh font, kemudian di samping kanan terdapat tombol download. Jika font tersebut dijual, maka Anda akan melihat harga di bawah menu download.

Ada banyak sekali menu untuk memilih manakah jenis font yang disediakan dalam situs tersebut. Anda bisa melihat menu pada 1001fonts.com di atas adalah headline, display, text, handwritten. Menu-menu tersebut berisi berbagai macam jenis font.

Untuk bisa mendownload cukup klik menu download pada font yang diinginkan. Anda bisa memilih lebih dari satu. Tidak perlu log in atau sign up untuk bisa mendownloadnya secara gratis. Setelah klik download otomatis file akan tersimpan ke dalam komputer atau laptop Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *