Katarak atau kekeruhan lensa mata masih menjadi salah satu penyebab kebutaan terbanyak di dunia, diperkirakan setiap tahun ada satu penderita baru katarak di antara 1.000 orang. Keberadaan Indonesia sebagai negara tropis, menja dikan penduduknya memiliki kecenderungan menderita ka ta rak 15 tahun lebih cepat dibandingkan penduduk di dae rah subtropik. Melihat fakta ini, RS Mata JEC Kedoya menggelar kegiatan Bakti Katarak, acara operasi katarak gratis bagi me reka yang membutuhkan.

Baca juga : Kerja di Jerman

Acara ini juga sekaligus mem peringati ulang tahun ulang tahun JEC ke-32. Kegiatan gratis ini diadakan JEC bekerja sama dengan para biker yang tergabung dalam Harley Owners Group Jakarta Chapter (HOG JC) dan MedDocs and Friends Indonesia. Dalam sambutannya, Presiden Direktur JEC, dr. Johan A. Hutauruk, SpM (K), mengatakan, “Rangkaian perayaan ulang tahun kali ini menjadi momentum syukuran sekaligus me lanjutkan komitmen Rumah Sakit Mata JEC mendukung visi pemerintah mewujudkan Indonesia bebas buta katarak di tahun 2020.”

Ketua HOG JC, Sahat Manalu yang turut memberikan sambutan mengatakan, “Keterlibatan kami dalam Bakti Katarak ini menjadi sarana berbagi kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan penanganan operasi katarak, untuk itulah kami bermitra dengan JEC (Jakarta Eye Center) yang telah berpengalaman dalam kegiatan ini.

Kami berharap keterlibatan dalam kegiatan ini dapat menyebarkan semangat kepedulian bagi para biker terhadap kesehatan di Indonesia, khususnya kesehatan mata.” MedDocs and Friends Indonesia, yang beranggotakan dokter-dokter dan para pemilik motor besar di atas 500 cc juga turut mengapresiasi JEC yang secara rutin menyelenggarakan Bakti Katarak dan berharap dapat terus bekerja sama dalam menurunkan tingkat kebutaan akibat katarak, khususnya di Jakarta dan se kitarnya.

Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati ulang tahun MedDocs and Friends Indonesia ke-7. “Kami turut bangga dapat berpartisipasi dalam kegiatan Bakti Katarak ini. Para anggota bikers MedDocs and Friends Indonesia dapat turut terlibat secara langsung mendukung Indonesia bebas buta katarak sekaligus menandai peringatan perayaan MedDocs and Friends Indonesia ke-7,” kata dr. Radja Simanjuntak SpAn, MM, Ketua MedDocs and Friends Indonesia.

Ketua Service Katarak dan Bedah Refraktif JEC, yang juga Direktur Utama JEC @ Menteng dan Ketua MedDocs Jakarta Chapter dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM (K), mengungkapkan, “Standar pelayanan internasional juga berlaku dalam pelaksanaan Bakti Katarak hari ini. Penerapan teknologi terkini dalam prosedur operasi mempercepat proses pengangkatan katarak dan waktu pemulihan pasca operasi yang relatif lebih singkat.” Pada kegiatan Bakti Katarak kali ini, JEC berhasil mengoperasi sekitar 100 pasien katarak, yang dalam pelaksanaannya terbagi di dua tempat, yaitu di RS Mata JEC @ Kedoya dan JEC @ Cibubur.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a comment

Your email address will not be published.